Wednesday, December 29, 2004

Cowboy Australia (2): Rodeo, olahraga para cowboy

Mungkin inilah olahraga yang berkembang dari gaya hidup sehari-hari suatu profesi. Bagi para cowboy, berkuda adalah suatu keharusan. Kuda yang anggun menjadi status simbol bagi pengendara yang mampu mengendalikan hewan ini. Di jaman pionir dulu, seringkali kuda yang digunakan belum dilatih sepenuhnya. Tak heran orang yang mampu melatih serta mengendalikan kuda liar ini dianggap sebagai jawara oleh rekan sejawatnya. Kemampuan mengendalikan kuda sambil berlomba menghela sapi dalam kondisi berat dan keras inilah yang dipertandingkan di rodeo. Atraksi menarik kontes ketahanan antara manusia dan hewan membuat rodeo berkembang diantara para cowboy dan juga menarik perhatian orang awam.


Jackaroo dan Jillaroo mempersiapkan kuda mereka. Charters Tower Rodeo Mei 2004  Posted by Hello
Persis seperti olahraga profesional lainnya, misalkan tenis, golf, dan lainnya, olahraga ini juga punya kompetisi rutin.Kompetisi Rodeo di Australia ditangani oleh asosiasi khusus dengan hadiah uang yang lumayan menggiurkan. Kalau dulu rodeo hanya untuk hiburan para cowboy, kini orang-orang yang mengikuti kompetisi rodeo sudah profesional. Bahkan ada sekolah khusus untuk yang minat jadi pemain rodeo dari kecil. Tak heran di setiap kompetisi pasti ada kategori khusus untuk junior. Rasanya miris juga melihat anak-anak kecil umur 6-7 tahun sudah jatuh bangun naik kuda.

Nonton rodeo dipastikan seru. Ada beberapa jenis acara yang dilombakan diantaranya bull riding (bertahan di atas sapi jantan), roping (melasso sapi sambil mengendarai kuda) baik individu maupun tim, barrel racing (lomba cepat mengendara kuda dimana di setiap lap pengendara harus mengitari tong), saddle bronc riding dan bare back riding (bertahan di atas kuda jantan), dan steer wrestling (melumpuhkan sapi dengan cara melompat dari kuda dan memelintir sapi yang lari sehingga si sapi berhenti). Sekali-kali aksi ini ditingkahi oleh badut-badut rodeo yang berfungsi untuk mencairkan suasana. Rodeo di akhir tahun biasanya diakhiri dengan kembang api yang meriah. Tahun baru 2003 kami habiskan dengan menonton rodeo sekeluarga di Blackwater.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home