Sunday, September 12, 2004

Safir di Rubyvale, Emerald

Seperti namanya Rubyvale terkenal sebagai tempat batu mulia seperti safir dan ruby. Kota terbesar di dekat Rubyvale bernama Emerald yang terletak 263 km arah barat dari Rockhampton. Daerah di kawasan tengah Queenslands ini disebut sebagai The Capricorn serta dikenal sebagai salah satu ladang batu mulia (gemfields) terbesar di dunia. Tidak heran nama kota disitu berhubungan dengan nama batu mulia seperti Ruby dan Emerald.


Never ending journey, the road from Charters Towers to Emerald Posted by Hello

Spring 2002 kami singgah di Rubyvale untuk mencoba “peruntungan” mencari batu mulia. Banyak tambang lokal disana, dan kami memilih “Miners Heritage” sekitar 1 jam perjalanan dari tempat penginapan di Emerald. Disana-sini terlihat tumpukan tanah bekas galian. Rubyvale panas dan kering kerontang. Hampir tidak ada pohon di daerah ini. Miners heritage adalah tambang batuan yang terletak di bawah tanah. Saat musim libur, tambang ini berhenti beroperasi dan dijadikan museum dimana turis bisa melihat kondisi tambang sedalam 40 m ini. Biaya masuk ke tambang ini sekitar $20 untuk satu keluarga. Penunjuk jalan kami adalah pemilik sekaligus operator tambang. Ia menjelaskan bagaimana caranya menambang batu mulia serta alat-alat yang dipakai. Walaupun dalam, udara terasa sejuk dan segar karena tambang ini dilengkapi dengan ventilasi udara.

Setelah melihat tambang kami mencoba mencari safir sendiri. Tidak perlu susah-susah menggali tanah, cukup dengan membeli satu ember tanah galian yang dikenal sebagai “bucketwash” seharga $5. Guide kami menunjukkan cara untuk menyaring, mencuci tanah dan menyortir batuan yang ada. Setelah itu, kami mencobanya sendiri. Sekitar 1 jam diperlukan untuk menyortir tanah satu ember ini, lumayan lama untuk anak-anak. Toh mereka semangat saja, walaupun ternyata batu sortiran yang ditemukan hanya safir kualitas rendah. Berhubung mak-nya ogah kepanasan, tugas sang ibu cuma jadi juru foto saja lalu langsung cari tempat neduh … he..he..


Fossicking in Rubyvale, Spring 2002 Posted by Hello

0 Comments:

Post a Comment

<< Home